LASTED :

Label

Pages

Minggu, 19 April 2015

CARA LAYOUT PRINT N CUT STICKER 1

Sebenarnya saya tidak pandai menulis tapi Saya akan coba berbagi Tutorial bagaimana cara melayout cutting sticker… Yang akan saya jelaskan disini proses layout cutting sticker untuk mesin Print n cut jadi selesai proses print langsung dicutting di mesin itu juga.. 

Sebelumnya apa itu cutting sticker ?! mungkin sobat udah banyak yang tahu, bagi yang belum tahu cutting sticker itu teknik pemotongan bahan sticker sesuai dengan bentuk desain yang diinginkan, menggunakan alat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain..
Oke langsung saja….
1. Buka lembar kerja CorelDraw.
2. Buatlah desain sesuai keinginan sobat semua Bisa berbentuk typografi atau logo atau terserah sobat   semua, File desain tersebut berbentuk curva bukan bitmap gambar…
Misal disini saya akan membuat Cutting untuk desain striping motor Yamaha YZ 85



3. Selanjutnya buka Dock Object Manager, Tool > Object Manager
Hasilnya akan keluar docker seperti ini


Kegunaan dari object Manager untuk mempermudah Penataan file cuttingnya

4. Kita akan bekerja pada layer 1 di object manager
Setelah itu select salah satu object..


5. Ungroup object tersebut, sobat hanya membutuhkan object dasarnya.. bila sobat menggunakan powerclip untuk membuat desainnya, sobat tidak perlu meng-Ungroup object tersebut karena bila semua desain dimasukkan menggunakan powerclip sobat hanya mendapati satu object saja..
6. Gunakan tool Contour.. pilih inside masukkan object kurva tadi beberapa milimeter dari object aslinya,,



ini berguna untuk  mengatasi apabila terjadi pergeseran pada mesin cutting,, karena terkadang mesin cutting tidak bisa memotong sesuai dengan garis potong yang sobat buat tadi.. tapi tidak ada salahnya malah dianjurkan menggunakan tehnik seperti ini, toh sobat hanya kehilangan beberapa milimeter saja yang terpenting desain sobat masuk dalam garis aman tersebut.. Untuk ukuran berapa milimeter efek counturnya  1mm sudah cukup jangan terlalu masuk kedalam..
7. Sekarang sobat hapus outline warna merah sisakan outline warna kuning dengan cara Break Contour Group Apart, caranya klik kanan object Countor tadi lalu plih Break Contour Group Apart atau mudahnya tekan ctrl+k, Setelah object terpisah hapus outline merah sisakan outline kuning.


8. Setelah sobat melakukan semua langkah tadi dengan benar maka ada hasil object tambahan seperti ini dan dibagian object manager terdapat tambahan object kurva seperti yang ditunjuk panah merah.


9. Buat layer 2 pada object manager klik New layer seperti yang ditunjuk panah merah dibawah ini ( Layer yang bewarna merah adalah layer yang aktif artinya sobat bekerja pada layer tersebut )


10. Kembali ke layer 1 atau klik layer 1 pilih obect kurva dan pindahkan object kurva yang telah dibuat tadi ke layer 2 dengan cara klik kanan objet pilih cut lalu pastekan pada layer 2, cara mudahnya klik, tahan dan geser ke layer 2..



11. Sudah jadi,,
Selanjutnya ulangi semua langkah tersebut untuk semua object yang akan dicutting, kalau sobat hanya mendesain 1 object, ok sudah beres seperti itu.. tapi kalau punya banyak object yang akan dicutting maka hasilnya harus seperti ini



Layer 2 berisi objct cutting sedangkan layer 1 objek desain

Selamat mencoba … semoga sobat semua tidak bingung mempraktekkannya…


















Artikel Terkait:

1 komentar:

kurvanya dapet dari mana minn??

Posting Komentar